Tentang Sekawan Sejuk

Sekawan Sejuk merupakan salah satu sudut lingkungan yang berada di Perumahan Bumi Citra Fajar-Sidoarjo. Masuk lokasi Desa Rangkah Kidul, RW.03 dan menjadi satu RT yaitu RT.11.
Lingkungan ini terbentuk sejak  lahir 16 agustus 1996 dibawah koordinator pertama Bapak Rudiyanto dengan jumlah warga pada tahun 1996 tidak lebih dari 25 warga. Dan sekarang warga rata-rata 70 kepala keluarga. Dengan semakin bertambah usia, kekompakan yang terjalin sejak dulu masih tetap terasa dalam genggaman. Semoga bisa dinikmati sampai anak cucu.
Berbagai macam fasilitas disediakan sebagai sarana menjalin keeratan persaudaraan. Ada masjid, joglo, dan lapangan sepak bola. Dengan keguyuban yang ada, tidak kaget kalo selama ini RT.11 selalu jadi juara setiap ada pertandingan di tingkat RW.
T O P B G T........

8/20/2011

Bagarakan Anak-anak Sekawan sejuk

Tradisi Bagarakan Saur adalah merupakan salah satu kegiatan yang kerap digelar dengan tujuan untuk membangunkan warga untuk sekaligus bersahur.

Namun seiring dengan perjalanan waktu, tradisi bagarakan sahur ini secara perlahan mulai jarang dilakukan, khususnya di daerah perumahan. Namun tidak demikian halnya bagi sejumlah anak-anak di Sekawan sejuk. Bagarakan di laksanakan setiap malam minggu aja. Sebab hari-hari lainnya anak-anak masih sekolah.

Dalam menyemarakkan bulan ramadhan, para anak-anak ini dengan antusias menggelar acara bagarakan saur. Adapun peralatan yang digunakan cukup sederhana seperti galon, besi dan jerigen plastic, panci dll.. Sebelum melakukan Bagarakan, anak-anak ini sudah stanby pukul 21.00 Wib, sambil membakar kayu, guna mengusir nyamuk serta menghilangkan rasa kantuk, anak-anak membakar Pohon (ketela) milik Opak, sambil menunggu jam 2.30, mulai anak-anak kelilingi daerah Sekawan Sejuk.. Teruskan nak… setiap malam Minggu. (cong)


Tidak ada komentar: